Cara Melilit Dinamo/Angkur Tamiya (Bagian III : Penyelesaian/Finishing)

Bismillah….

Tahap ke-3 merupakan bagian finishing, dimana angkur telah selesai dililit di ke-3 rongganya.

No. Drawing Langkah & Penjelasan
1. SAM_0245 Potonglah kawat yang dikaitkan ke gear 14 pada pangkal gear tersebut.
2. SAM_0955 Hilangkan (Kerik) lapisan yang membungkus inti kawat menggunakan cutter dari mulai pangkal angkur hingga ujung kawat sehingga lapisan tembaga terlihat mengkilat. Kemudian sambungkan kedua ujung kawat yang telah dihilangkan lapisan shieldnya seperti ekor babi (pig tail) pada setiap celah rongga.
3. 20130812_Komutator Kikis miring bagian komutator agar tidak menyentuh kawat yang telah dililit.Atas : Komutator standard/orisinil.Bawah : Komutator setelah dikikis.
4. 20130813_KomutatorCenterPart Masukkan komutator yang sudah dikikir dengan posisi garis belah pada komutator searah dengan garis tengah angkur untuk setiap rongga angkurnya.Bungkus sebagian permukaan komutator ±5mm dari ujung depan menggunakan isolasi tahan panas. Sisakan permukaan yang akan digunakan untuk melakukan proses solder. Hal ini bertujuan agar saat proses solder, timah tidak menutupi seluruh bagian komutator.Potonglah kawat yang yang sudah disambungkan seperti ekor babi dengan ukuran disesuaikan dengan bagian komutator yang masih terbuka (tidak terbungkus isolasi).

* Isolasi tahan panas biasanya dijual di toko elektronik atau tempat service handphone.

5. 20130813_KomutatorSolderingPart Proses solder disarankan menggunakan timah 100% (tidak mengandung timbal), karena timah-timah yang ada di pasaran adalah campuran timah 60% dan timbal 40%. Hal ini bertujuan agar timah tidak mudah meleleh saat mesin dalam kondisi panas.
6. SAM_0144 Setelah selesai bukalah isolator tersebut dan bersihkan menggunakan cairan pembersih seperti alkohol agar lem sisa dari isolator tersebut tidak menempel. Tidak ada salahnya menggunakan cairan WD-40 ataupun cairan pengkilat logam seperti BRASSO.
7. SAM_1625 Disarankan untuk pasang ring mata ikan berwarna putih di ujung depan kepala angkur dan bagian belakang ring besi. Hal ini untuk mencegah konsleting antara komutator dengan bearing pada penutup tabung.* Gambar : Ring mata ikan dipasang pada lilitan kawat berwarna merah.
8. SAM_1364 Ukurlah bagian ujung kepala angkur dengan bagian belakang ring besi. Panjang maksimum untuk jarak keduanya adalah 23mm. Ukuran ini merupakan ukuran standard agar lilitan bisa masuk ke dalam tabung/rumah lilitan. Jika ukuran > 23mm bisa diakali dengan menggeser ring besi bagian belakang atau melepas ring mata ikan di bagian tersebut.

Alhamdulillah akhirnya Bagian ke-3 telah selesai, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang mengunjungi BLOG ini.

Terima Kasih.
Wassalam…

2 thoughts on “Cara Melilit Dinamo/Angkur Tamiya (Bagian III : Penyelesaian/Finishing)

    • Untuk gulungan yg kira2 akan kendor setelah kawat dipotong, silakan dikasih lem terlebih dahulu. Setelah kering baru kawat dipotong.
      Thank’s gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s